Kepuasan Pengguna
Pengukuran kepuasan layanan manajemen terhadap para pemangku kepentingan (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna, dan mitra) di Pascasarjana IAIN Kudus mencakup beberapa aspek penting, antara lain:
Instrumen kepuasan yang shahih andal dan mudah digunakan
Dalam proses evaluasi sistem pendidikan, Pascasarjana IAIN Kudus secara umum melaksanakan survei untuk mengukur kepuasan pengguna. Survei kepuasan yang dilaksanakan oleh Pascasarjana adalah terhadap para alumni. Survei yang dilakukan untuk pengguna layanan bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan yang diberikan oleh Pascasarjana terhadap pengguna apakah baik atau tidak. Layanan yang dimaksudkan mencakup kriteria. Kepuasan yang tinggi, karena tingkat kepuasan yang baik merupakan salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan dalam institusi pendidikan tersebut. Hasil pengisian kuesioner ini diharapkan dapat memberi gambaran tentang kepuasan pengguna lulusan di tingkat Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kudus sekaligus masukan dan kritikan untuk perbaikan kedepan bagi institusi.
Dilaksanakan secara berkala dan datanya terekam secara komprehensif
Pelaksanaan survei kepuasan Layanan Alumni Pascasarjana IAIN Kudus ini adalah pelaksanaan survei tingkat institut, pelaksanaan survei kepuasan ini dilaksanakan dalam 1 bulan, Oktober- November 2023.
Dianalisis dengan metode yang tepat dan digunakan untuk pengambilan keputusan
Dari pelaksanaan survei kepuasan layanan Alumni Pascasarjana IAIN Kudus Tahun 2023 ini ada beberapa evaluasi dan perbaikan yang dapat dilakukan untuk pelaksanaan survei kepuasan tahun berikutnya diantaranya:
- Memperluas sosialisasi tentang pentingnya survei kepuasan terhadap instansi sehingga diperoleh peningkatan kualitas;
- Mengintegrasi proses pengisian survei;
- Menyediakan kuesioner survei secara online:
Hasil pengukuran kepuasan dan umpan balik tindak lanjut
Pada pelaksanaan survei tentang proses belajar mengajar, dapat dilihat bahwa Alumni menyatakan 46% sangat baik, 48% baik, 6% cukup dan 0% kurang. Pada pelaksanaan survei tentang administrasi, dapat dilihat bahwa Alumni menyatakan menyatakan 44% sangat baik, 48% baik, 8% cukup dan 0% kurang. Pada pelaksanaan survei tentang fasilitas mahasiswa, dapat dilihat bahwa kelompok dosen menyatakan menyatakan 38% sangat baik, 56% baik, 6% cukup dan 0% kurang. Pada pelaksanaan survei tentang fasilitas sarana dan prasarana, dapat dilihat bahwa kelompok dosen menyatakan menyatakan 34% sangat baik, 54% baik, 12% cukup dan 0% kurang.
Review terhadap pelaksanaan pengukuran
Beberapa segmen pertanyaan yang disampaikan dalam survei dapat dirangkum hal tersebut dilaksanakan dengan jumlah 15 responden dosen. Survei tersebut menemukan beberapa penjelasan yakni rata-rata dosen berpendapat mengenai beberapa aspek terkait yakni “sangat baik“ dengan nilai rata- rata 3,32% dari 17 pertanyaan terkait kepuasan layanan.Tertinggi dengan nilai 3,40% yakni pada dimensi proses belajar mengajar, dan terendah dengan nilai 3,22% fasilitas sarana prasarana.